Tips Mudik Lebaran

sumber gambar : gadgetfreak.info

sumber gambar : gadgetfreak.info

Alhamdulillah, lebaran sudah hampir tiba…!!! Rasanya besok dah mau lebaran nih, padahal masih 4 hari lagi he he he…😀 . Disini saya mau berbagi pengalaman seputar mudik lebaran karena setiap tahun saya selalu mudik yang jaraknya lumayan jauh, ya… sekitar empat jam lah. Nah disini bagi teman-teman yang mau mudik saya punya tips supaya mudiknya aman dan selamat sampai tujuan. Okelah langsung saja inilah tipsnya.

1. Pastikan rumah dalam kondisi aman

Momen lebaran adalah momen yang dinanti-nanti oleh para pencuri, karena pada saat itu banyak rumah yang ditinggal penghuninya mudik ke kampung halaman. Nah, kita juga harus hati-hati kalau mau mudik. Sebelum kita berangkat periksa dahulu apakah kompor sudah mati semua dan alat elektronik yang masih nempel di listrik. Kalau belum segera matikan kompor dan cabut semua alat elektronik yang masih menempel di listrik karena dikuatirkan akan terjadi korsleting sehingga bisa menyebabkan kebakaran. Selain itu kita harus mengunci semua jendela dan pintu yang ada di rumah supaya aman dari pencuri. Setelah semua sudah terkunci kita harus pamit sama tetangga terdekat yang tidak mudik sekalian nitip rumah biar bisa memberitahu kita kalau ada kejadian apa-apa dirumah kita.

2. Siapkan dengan teliti barang dan bekal yang akan dibawa Mudik

Kalau kita bepergian dengan jarak yang jauh pastikan semua bekal dan barang yang akan dibawa mudik sudah disiapkan. Jangan sampai ketika sudah berangkat tiba-tiba ada yang kelupaan tidak terbawa. Saya punya tips seputar bekal yang akan dibawa selama mudik, kalau kita menggunakan kendaraan mobil ada baiknya kita sekalian bawa makanan dari rumah karena selain praktis kita juga tidak usah repot-repot cari warung makan ketika kita merasa lapar. Kita bisa mencari tempat yang sejuk untuk menikmati makanan kita sekaligus piknik on the way gitu loh he he he….😀

3. Siapkan kendaraan dengan seksama

Nah ini yang paling penting karena kendaraan inilah nanti yang akan mengantar kita sampai tujuan. Yang harus diperhatikan adalah tekanan ban dan mesin yang oke. Kalau bisa sebelum berangkat kendaraan kita cek dulu ke bengkel bila perlu kita ganti olinya. Ini semua demi keselamatan kita selama dalam perjalanan. Jangan sampai kita lupa mengecek kondisi kendaraan kemudian di tengah jalan bermasalah, entah itu mogok ataupun ban bocor. Jadi disini kita pakai prinsip sedia payung sebelum hujan.

4. Bawa obat-obatan anti mabuk dalam perjalanan

Nah bagi Anda yang suka mabuk perjalanan jangan lupa bawa obat-obatan anti mabuk bisa berupa pil ataupun minyak kayu putih. Karena kenyamanan perjalanan Anda akan terusik bisa Anda mabuk terus selama perjalanan.

5. Bawa peta

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, kita bisa membawa peta sehingga kalau ada kemacetan padat kita bisa mencari jalur alternatif lain yang lebih sepi sehingga perjalanan Anda menjadi lebih lancar tanpa halangan.

6. Beristirahatlah ditempat yang nyaman saat merasa lelah

Kalau Anda sudah merasa lelah ataupun ngantuk, usahakan mencari tempat peristirahatan yang nyaman. Karena bila Anda melanjutkan perjalanan dalam kondisi lelah atau mengantuk bisa membahayakan diri Anda dan keluarga. Jadi berhenti sejenak untuk mengembalikan stamina adalah pilihan yang paling tepat untuk keselamatan mudik Anda.

7. Jagalah sholat Anda

Walaupun orang-orang yang dalam perjalanan (ibnu sabil) diberi kemurahan untuk menjama’ sholat, tapi usahakan tetap sholat dalam perjalanan. Karena selain bisa digunakan untuk beristirahat sholat juga bisa membuat badan kita menjadi segar melalui gerakannya.

8. Bawa alat komunikasi

Bawalah handphone untuk berkomunikasi dengan keluarga yang ada di kampung halaman, sehingga Anda bisa menginformasikan keberadaan Anda selama dalam perjalanan sampai tujuan. Keluarga di kampung pun menjadi lebih tenang dan tidak penasaran.

9. Selalu berdoa mulai berangkat sampai tujuan

Do’a adalah hal yang harus Anda lakukan selama dalam perjalanan. Karena dengan berdo’a maka Anda akan selalu dilindungi Allah sehingga selamat sampai tujuan.

Nah…😀 itulah yang dapat saya bagi mengenai tips mudik lebaran semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. Bagi Anda yang mempunyai tips lain lagi silahkan menambahkan pada komentar. Terima kasih

Posted on 4 September 2010, in Info and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: