Al Qur’an Terbesar di Dunia Ada di Ponpes Parung, Jawa Barat

(sumber gambar : vivanews.com)

(sumber gambar : vivanews.com)

Subhanallah… Allahuakbar… Lailahaillallah… Masya Allah…

Itulah kata-kata yang dapat terlontar dari bibir kita bila melihat Al Qur’an terbesar di dunia yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Shriyyah Nurul Iman yang terletak di Kampung Waru RT. 1/1 Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Al Qur’an tersebut berasal dari Moro, Filipina dan dihibahkan untuk pondok Al-Shriyyah Nurul Iman. Al Qur’an tersebut mempunyai panjang 2 meter dan lebar 2,80 meter (Subhanallah), sedangkan yang lebih menghebohkan lagi ternyata Al Qur’an tersebut dibuat dari pelepah pohon pisang bukan dari kertas seperti umumnya Al Qur’an yang ada.

Setelah dikaji dan disensor makhrojnya satu persatu dan tajwidnya, selama satu bulan sebelas hari oleh Assyekh Habib Saggaf bin Mahdi Assyekh Abubbakar bin Salim atau biasa dipanggil Abah selaku pimpinan Ponpes, ternyata Al Qur’an ini tidak ada sedikitpun kesalahan. Namun mengenai profil atau berapa lama pembuatan dan berapa orang yang membuat Al Qur’an terbesar di dunia ini masih belum bisa dijelaskan secara detail, demikian ungkap Abah.

Abah sendiri menerima Al Qur’an yang terdiri dari 30 Juz, 6.666 ayat dan 114 surat ini sejak dua bulan yang lalu dan beliau terus menjaga dan merawat Al Qur’an tersebut dengan sebaik mungkin. Di Pakistan juga ada Al Qur’an yang panjangnya 2 meter tapi dibuat dengan cetakan sedangkan Al Qur’an ini dibuat dengan tulisan tangan dan tidak ada sedikitpun kesalahan dalam makhroj dan tajwid sehingga dikatakan Al Qur’an terbesar di dunia.

Al Qur’an yang dibuat tulisan tangan ini menjadi penyemangat bagi murid-murid ponpes untuk lebih memperhatikan makhroj dan tajwid dalam membaca Al Qur’an dan hafalan Al Qur’an. Harapan dari Abah adalah mudah-mudahan Al Qur’an ini bermanfaat dan mampu bertahan sampai 500 tahun ke depan, sebab tidak sembarang orang yang bisa menulis Al Qur’an ini.

Itulah salah satu karunia Allah yang diberikan kepada hamba-hambaNya sehingga dapat membuat Al Qur’an yang terbuat dari pelepah pisang dan ditulis dengan tangan. Allahuakbar. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang beriman dan selalu diberi karunia oleh Allah SWT. Amin…!!!

Posted on 21 Agustus 2010, in Islami and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: