Ramadhan Bulan Penuh Berkah dan Ampunan

(sumber gambar : youthemerged.com)

(sumber gambar : youthemerged.com)

Alhamdulillah tidak terasa ramadhan kali ini sudah berjalan 8 hari dan semuanya Allah paring aman, selamat, lancar dan barokah. Sebagai orang Islam yang beriman pada Allah dan Rasul, maka kita wajib menjalankan ibadah Puasa kecuali bagi orang-orang yang memang diberi kemurahan oleh Allah untuk tidak melaksanakan puasa, termasuk diantaranya orang gila, orang tua yang tidak kuat untuk berpuasa, orang dalam perjalanan (musyafir), perempuan yang  sedang haid. Untuk orang tua yang tidak kuat berpuasa maka dia harus mengganti puasanya dengan memberi makan 60 orang miskin 3x tiap hari selama bulan puasa, sedangkan untuk musyafir dan perempuan yang sedang haid mereka wajib mengganti puasa tersebut di lain waktu (selain bulan ramadhan).

Kalau kita melihat dari uraian diatas maka sebenarnya Islam itu sangat-sangat mudah dan tidak memberatkan bagi setiap muslim, karena Allah sendiri juga tidak pernah memaksakan suatu perintah kepada umat Nya selama umat tersebut benar-benar tidak mampu mengerjakannya. Namun hal ini tidak boleh dijadikan alasan bagi setiap muslim untuk tidak menjalankan perintah agama, karena Allah sangat murka bila ada hamba Nya yang tidak menjalankan perintah Nya dengan disengaja.

Sebagai contoh misalnya ada muslim yang tidak menjalankan ibadah puasa dengan disengaja, maka Allah mewajibkan muslim tersebut untuk mengganti puasa ramadhan satu hari dikerjakan setiap hari selama satu tahun penuh selain bulan ramadhan (Na’udzubillahi Min Dzalik). Jadi ibadah puasa satu hari di bulan ramadhan ini pahalanya sama dengan puasa satu tahun penuh di bulan selain ramadhan (Allahu Akbar). Ternyata pahala puasa ramadhan ini teramat sangat besar sekali, sehingga sangat merugilah bagi muslim yang sebenarnya mampu tapi tidak mengerjakannya.

Selain pahala tersebut diatas, keutamaan bulan ramadhan masih banyak lagi diantaranya pada bulan ramadhan Allah akan melipatgandakan pahala untuk umat yang menjalankan ibadah dan kebaikan. Sebagai contoh muslim yang menjalankan ibadah puasa kemudian dia membaca Al Qur’an, maka setiap harokat yang dibacanya akan dikalikan seratus kali pahala dibandingkan waktu membaca Al Qur’an selain bulan ramadhan. Katakanlah untuk setiap harokat saat selain puasa pahalanya 10 namun pada saat bulan ramadhan pahala setiap harokat tersebut dikalikan 100 sehingga setiap satu harokat pahalanya 1000 (Masya Allah). Inilah saat paling tepat bagi kita untuk memperbanyak pahala melalui membaca Al Qur’an.

Saya punya contoh lagi yang lain, disaat bulan ramadhan setiap kita mempunyai niat untuk berbuat baik maka Allah sudah mencatat niat tersebut pahala 100 kebaikan dan bila kita tidak jadi melakukan niat tersebut karena suatu hal Allah tetap mencapat niat tersebut pahala 100 kebaikan (Subhanallah), sebaliknya bila kita mempunyai niat untuk berbuat jelek atau keburukan Allah tidak akan menulis niat buruk kita tersebut, baru setelah kita menjalankan niat jelek tersebut Allah akan menulis dosa 100 keburukan (Na’udzubillahi Min Dzalik).

Belum lagi nanti kalau saat malam Lailatul Qodar datang setiap amalan kita akan dikalikan 1000 bulan, jadi setiap kita melakukan suatu kebaikan maka sama dengan kita melakukan kebaikan selama 1000 bulan (Masya Allah). Sungguh Allah benar-benar mengobral pahala di saat bulan ramadhan ini, namun itu semua berlaku bagi hamba Nya yang benar-benar menjalankan setiap perintah Nya dan menjauhi semua larangan Nya dan sangat merugilah orang yang mengaku dirinya muslim namun tidak dapat menjalankan perintah Nya  dan tidak dapat menjauhi laranga Nya.

Penyesalan datangnya pasti di akhir dan tidak ada orang yang akan meraih kebahagiaan abadi di akhirat bila selama di dunia tidak pernah menjalankan perintah Allah dan tidak pernah menjauhi larangan Allah (Na’dzubillahi Min Dzalik), semoga kita semua termasuk tergolong hamba Allah yang taat beribadah, selalu menjalankan perintah Nya dan selalu menjauhi larangan Nya sehingga kita akan dapat merasakan kebahagiaan abadi yang tidak pernah kita rasakan selama hidup di dunia dan kekal abadi selama-lamanya. Amin…!!!

Marhaban Ya Ramadhan, Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan sempurna dan dapat meraih hari kemenangan kita semua di hari Idul Fitri 1431 H. Amin…!!!

Posted on 18 Agustus 2010, in Islami and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: